Pesan Berjalan

MTs. Nurul Qur'an Pagutan Maju terus dan Berkembang. Kebiasaan adalah watak yang kedua..... Kuasai pikiranmu, kamu akan dapat melakukan apapun yang kamu inginkan dengan pikiran tersebut... Anda dapat mengubah siapa Anda, dengan mengubah apa yang masuk dalam pikiran Anda.... Jauh di dalam diri manusia, berdiamlah kekuatan yang sedang tidur, kekuatan yang akan mempesona yang tidak pernah diimpikan, Kekuatan yang akan merevolusi kehidupannya jika dibangkitkan dan diwujudkan dalam tindakan....

Jumat, 21 Oktober 2011

MEKANISME KERJA PENGELOLA MTs NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MEKANISME KERJA
PENGELOLA MTs NURUL QUR’AN PAGUTAN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

I.       KEPALA MADRASAH
1.      Edukator
2.      Manager
3.      Administrador
4.      Supervisor

II.    TATA USAHA
1.      Membuat Program Ketatausahaan
2.      Administrasi Ketenagaan dan Kesiswaan (Absen guru dan siswa, membuat format penilaian, mengecek kehadiran guru, mengisi buku induk, membuat mutasi siswa, mengontrol pergantian jam)
3.      Administrasi kelengkapan (menginventarisir segala kelengkapan sekolah)  
4.      Mengkoordinir papan data dan statistik sekolah
5.      Mengecek, memaraf hal-hal yang berkaitan dengan surat menyurat, SK dan yang berhubungan dengan administrasi
6.      Mengkoordinir, memantau dan mengevaluasi tugas-tugas staff tata usa
7.      Membantu mengelola uang sekolah
8.      Membuat laboran

III. URAIAN TUGAS KEPALA MADRASAH
A.     WAKAMAD BIDANG KURIKULUM
1.      Menyusun Program Pengajaran(menyiapkan estándar isi)
2.      Menyusun pembagian dan uraian tugas
3.      Menyusun jadwal pelajaran
4.      Menyusun penkabaran kalender dan mengatur pembagian laboran pendidikan (rapot)
5.      Menyusun kriteria dan persyaratan naik/tidak naik kelas, lupus/tidak lupus
6.      Senantiasa meningkatkan stabilitas dan mutu pendidikan
7.      Menyusun personalia wali kelas
8.      Merencanakan/mengkoordinir dan mengawasi PBM tambahan(pengayaan)
9.      Memeriksa dan mengusulkan calon guru teladan kepada Kepala Madrasah
10.  Menkoordinir dan membina lomba-lomba bidang akademis dikalangan guru
11.  Membantu Kepala Madrasah melaksanakan supervise kelas(menyusun jadwal supervise)
12.  Membina menyusun administrasi guru, wali kelas dan perpustakaan
13.  Membina, memeriksa pelaksanaan program wali kelas, guru, pustakawan dalam proses PBM
14.  Membina dan memeriksa penyusunan suatu pembelajaran, daya serap siswa, deposit soal, remidi dan pengayaan setiap guru
15.  Membantu membuat laboran pelaksanaan tugas Kepala Madrasah
16.  Menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Dasar Madrasah (LKDM)
17.  Melaksanakan tugas temporer Kamad
18.  Menyusun laboran bulanan pelaksanaan tugas

B.     WAKAMAD BIDANG KESISWAAN
1.      Memeriksa administrasi wali kelas (perbulan)
2.      Membimbing, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan siswa/OSNQ dalam rangka mengadakan disiplin dan tata tertib siswa
3.      Membimbing, mengarahkan dan mengendalikan proses pemilihan pengurus OSNQ
4.      Senantiasa meningkatkan koalitas siswa dan kegiatan siswa
5.      Menkoordinir, membina dan mengawasi kegiatan siswa lanilla
6.      Mengkoordinir, membina dan mengawasi kegiatan upacara bendera dan SKJ
7.      Merencanakan, mengkoordinir dan melaksanakan bakti masyarakat dari para siswa kerja sama dengan waka humas dan sarana
8.      Melakukan pemilihan siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa
9.      Menentukan dan mengawasi pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, keindahan, ketertiban, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan)
10.  Menyelenggarakan lomba kebersihan kelas
11.  Buku induk siswa

C.     WAKA SARANA PRASARANA
1.      Menyususn program pengadaan pemeliharaan dan pengamanan barang-barang inventaris khususnya yang berkaitan dengan KBM
2.      Merencanakan kegiatan pendayagunaan sarana dan prasarana madrasah secara optimal
3.      Mencatat dan menginventarisasikan tropi piala dan piagam yang diperoleh madrasah/siswa

D.     WAKA HUMAS
1.      Menjalin hubungan bersifat sukarela melaksanakan keyakinan dan kesadaran bahwa madrasah merupakan bagian integral dari masyarakat

IV.  URAIAN TUGAS PEMBINA
E.      Pembina OSNQ
1.      Merencanakan program kesiswaan dan keterampilan
2.      Merekrut peserta program kesiswaan dan keterampilan
3.      Berkoordinir dengan waka kesiswaan
4.      Melaksanakan program yang di tetapkan
5.      Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan pengembangan sarana dan prasarana kesiswaan dan keterampilan
6.      Berkoordidnir dengan waka kesiswaan dalam kegiatan atau miting di dalam tampil keluar sekolah
7.      Bersama pembina OSNQ membuat laboran kerja kegiatan setiap bulan, tiap semestrer dan tahun pelajaran
8.      Membuat jadwal latihan rutin
F.      Pembina OSNQ bidang IMTAQ
1.      Membuat program kerja
2.      Mengadakan kegiatan IMTAQ yang meliputi guru dan siswa
3.      Berkoordinasi dengan waka dan pembina lain dan mengikuti iven-iven terkait
4.      Membuat jadwal latihan rutin dan kegiatan lanilla
5.      Pelaporan

G.     Pembina Prpustakaan
1.      Perencanaan program perpustakaan
2.      Melayani program kegiatan
3.      Meminjamkan buku
4.      Membuat rencana pengembangan buku bacaan
5.      Pemeliharaan sarana dan prasarana perpustakaan
6.      Pengadministrasian buku-buku refrensi, kamus dan buku bacaan
7.      Menyiapkan buku-buku refrensi, kamus dan buku bacaan
8.      Membuat laboran

H.     Tugas Wali Kelas
1.      Bertanggung jawab dalam pengelolaan kelas
2.      Menyusun administrasi kelas
3.      Membuat buku catatan siswa, buku mutasi siswa, buku induk siswa dan biodata siswa serta data kerawanan kelas
4.      Mengatur absen siswa
5.      Mengisi papan informasi kelas
6.      Mengatur dan mengamankan 6K (keamanan, kebersihan, keindahan, ketertiban, kekeluargaan dan kerindangan)
7.      Mengelola administrasi keuangan kelas
8.      mengisi format penilaian siswa dan kemajuan siswa
9.      Mengelola administrasi keuangan kelas
10.  Konsultasi siswa-wali kelas
11.  Membuat job discription tugas-tugas organisasi kelas
12.  Memberikan reward kepada siswa yang berprestasi
13.  Memberi salam dalam keadaan berdiri
14.  Adanya home visit/anjangsana

V.     BENDAHARA
1.      Membuat SPJ BOS
2.      Mengatur pengelolaan keuangan sekolah
3.      membuat laporan bilanan dan tahunan keuangan sekolah
4.      Menyediakan peralatan dan perlengkapan sekolah
5.      Menginformasikan keadaan keuangan madrasah
6.      Membuat RAPBM



VI.  GURU MATA PELAJARAN
1.      Program pengajaran (SP, prota, prosem)
2.      Program proses belajar mengajar (KBM)
3.      Program KTSP
4.      Merencanakan program mengajar dan perbaikan
5.      Pembimbing siswa
6.      Membuat laporan mengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar